10 Mei 2014

Macam - macam Gudang


(Pengalaman Kunjungan Gudang - Koleksi Pribadi - Me n friends)

Go to 3rd party Logistics bagian gudang. perusahaan ini sangat terkenal di bidangnya.
Terletak di kawasan industri, dia memberikan jasa warehousing ke banyak sekali customer yang juga merupakan perusahaan ternama mulai dari pabrik roti, parfume sampai retail terkenal.
Perusahaan ini sangat besar dengan luas beratus bahkan ribuan hektar, dengan servise penyimpanan gudang kapasitas 27.000 pallet posisi dan 7 level rack.
      
(Google image)

Beberapa kali kunjungan ke perusahaan ini tetap masih membuat saya tercengang, kagum, dan tentu merasa panas sekali. karena mereka tak mau menginfestasikan AC di gudangnya tentunya karena terlalu luas dan non value added. Sehingga bisa dikatakan sangat sangat panas. Tersedia 2 macam gudang yaitu cold storage dan dry storage. Di dry storage ada barang di rack rack tinggi maupun floorstake sedangkan di cold storage ada beberapa ruangan yang tentunya memiliki fungsi berbeda.

dry storage adalah gudang untuk penyimpanan barang kering dan tidak memerlukan penanganan yang khusus. Berbeda dengan dry store, cold storage adalah gudang untuk menyimpan barang yang memerlukan penanganan khusus seperti suhu tertentu yang tidak bisa diubah - ubah. barang yang dimaksudkan antara lain untuk obat, keju, susu dan buah. kedua gudang cold dan dry tersebut memiliki perbedaan suhu yang sangat ekstrim.
(Dry Storage - Koleksi Pribadi)
disana kita masing bisa bebas bergaya karena suhunya normal walaupun agak panas

(Cold Storage - Koleksi Pribadi)
kita bergaya sok meniup udara untuk memprlihatkan uap air yang akan muncul dari mulut masing - masing, suhu mencapai 25 derajat di bawah 0

sekian dulu sedikit informasi tentang pergudangan atau warehousing  


1 komentar: