16 Mei 2014

ETIKA PASTI ADA


Sedikit bahas tentang NORMA dan ETIKA

menurut hasil searching Google : 

Norma adalah aturan-aturan yang berisi petunjuk tingkah laku yang harus atau tidak boleh dilakukan manusia dan bersifat mengikat. Hal ini berarti bahwa manusia wajib menaati norma yang ada. Norma adalah kaidah atau ketentuan yang mengatur kehidupan dan hubungan antar manusia dalam arti luas. Norma merupakan petunjuk hidup bagi manusia dan pedoman perilaku seseorang yang berlaku di masyarakat.

Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlaq); kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq; nilai mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau masyarakat. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1989)

Intinya adalah ada sesuatu yang harus kita ketahui, taati dan kita laksanakan ketika kita menjadi bagian dari masyarakat. sesuatu yang memang tidak secara tertulis ada tapi itu adalah sebuah kewajiban. Diadalamnya mengandung nilai-nilai di masyarakat, agar kita diterima disana dan tidak mengakibatkan satu atau sekelompok orang terkecawakan.

Nah, salah satu kasus yang mungkin semua orang perlu tahu,etika selalu ada, pasti ada. dalam hal apapun dan proses apapun yang melibatkan orang lain dan masyarakat luas. contoh nyata yang ingin saya paparka adalah etika tentang "MEMINJAM MOTOR".

  • Ketika butuh motor, tentukan siapa yang akan kamu pinjami motor, bisa lewat, telpon, sms, dll perlihatkan kalo kamu yang butuh
  • Jemput ke tempat yang punya motor. jangan merepotkan, pliss. anda yang butuh anda yang usaha.
  • Ketika ambil motor, pastikan menanyakan kapan yang mpunya motor mau pakai motor, kamu pinjem motor sampai jam berapa, dan mengembalikan sekitar jam berapa. kalau mengembalikan malam, kasihlah opsi yang sama - sama enak dan tidak merugikan. 
  • Misalnya : aku pulang sekitar jam 11-12an malam, mending langsung aku kembaliin jam segitu atau pagi aja? jam 6,7, atau jam 8 gitu? enaknya jam berapa?
  • Setelah mendapatkan kunci, seenggaknya ucapkan terimakasih. pastikan STNK ada, lihat barang2 yang ada di motor dia dan jaga baik-baik Jangan sampai ada yang hilang atau rusak! dan 1 lagi. LIHAT KONDISI BENSIN. Kembalikan motor / kendaraan seperti kondisi semula, MINIMAL.Kamu sudah merepotkan dia, berbalas budilah minimal mempertahan isi bensin.1 liter cuman 6.500, nggak mahal kan. persahabatan kalian akan semakin baik dan dia nggak bakal kapok meminjamkan motor padamu.
  • Kembalikan tepat waktu dan memberi kabar. komunikasikan kalau memang mau terlambat, motor mogok atau apapun yang terjadi. sehingga tidak ada khawatir dan suudzon.

Ini sebenernya adalah curhatan saya, saya yang pernah ada di dua posisi peminjam motor dan meminjami motor. curhatan saya yang telah diakumulasi dengan curhatan Echa. perasaan was was karena dia pernah kecurian motor. setelah dapat motor baru (menggantikan motor hilang) dia jadi agak parno.

Motornya pernah dipinjem dari siang jam 12an dan yang pinjem bilang kalau akan dibalikin jam 8an. sampai jam 9 malam, jam setengah 10 malam itu si peminjam nggak ngasih kabar lagi. khawatirnya si echa, udah kaya punya pacar yang lagi selingkuh. modar mandir, telpon si peminjam, telpon pacarnya peminjam, temannya peminjam. kasian banget. dan betapa senengnya dia pas si peminjam sudah ada di depan kos jam 10 malem. senengnya parah banget. saya iba sekali dan turut bahagia seakan mendengar kabar kita berdua selesai sidang.
:D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar