17 Okt 2013

HPP


Saya mahasiswa Teknik Industri 2010. Dulu saya berfikir inti dari seorang mahasiswa TI ya produksi, expertise di bidang keindustrian seperti, ngitung biaya produk, jumlah mesin, milih mesin.. doang.
Eh alhamdulillah di semester tua ini, semester 7, saya baru ngerti TI nggak sesingkat itu. HPP memang penting, anak TI wajiblah tahu itu, tapi bidang lain banyak.. di produksi saja kita bisa masuk ke produk : ke inovasi produk yaitu rancangan design ataupun pengembangan fitur produk, bisa terlibat ke masyarakatnya seperti survei pasar dan pemasaran produk, juga tata rancang layout, permesinan, maintenance mesin, penjadwalan, ataupun gas rem pengeluaran dengan optimasi semuanya such as optimasi waktu, tenaga kerja dan biaya melalui keputusan2 yang telah kita analisis, bahkan non produksi seperti HRD sampai transportasi, mencari supplier itu masih ranah TI.
Bahkan bisa jadi non produksi merupakan core TI yang jarang bisa dimasuki jurusan lain malah.
Seperti jalan yang saya pilih, menjadi focusser di bidang SCM (Supply Chain Management) yang meliputi bagian Warehouse, Purchase, Inventori, dan transportasi. Kereeeen banget.
Walaupun demikian, Sekarang – sekarang saya lagi riweh dan suka nih sama Managemen Keuangan. Semoga ya nanti bisa di combine masalah harga dengan SCM nya di TUGAS AKHIR nanti. Wow pasti hehe
Yuk yuk riview dulu tentang bab standartnya Teknik Industri, yaitu :


PERHITUNGAN HPP
(Harga Pokok Penjualan)

Harga pokok produksi berfungsi sebagai dasar dalam menentukan harga jual. Untuk menetapkan harga jual, penting bagi perusahaan untuk mengetahui besarnya biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi barang yang akan dijual. So, HPP wajib ada dan diketahui tim Produksi.
Harga pokok produksi merupakan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa. Harga pokok memiliki fungsi sebagai berikut: 
1.    Harga pokok sebagai penetapan harga jual. 
2.    Harga pokok sebagai dasar penetapan laba. 
3.    Harga pokok sebagai dasar penilaian efisiensi. 
4.    Harga pokok sebagai dasar pengambilan berbagai keputusan manajemen. 

Unsur-Unsur Harga Pokok Produksi 
1.    Bahan Langsung (Direct Material) 
2.    Biaya Tenaga Kerja Langsung (Direct Labor Cost) 
3.    Overhead Pabrik 
4.    *ketersediaan / inventori tahun sebelum dan produk yang disimpan sekarang.

CONTOH :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar